Penggunaan bumbu penyedap rasa untuk masakan pasti sudah tidak asing lagi. Berbagai merek penyedap rasa banyak beredar di pasaran membuat Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat bumbu yang dianggap menyusahkan. Salah satunya adalah kaldu. Kaldu merupakan bumbu dapur yang juga digunakan sebagai penyedap rasa. Namun, banyak kaldu yang berada di pasaran sudah terdapat MSG dan membuatnya kurang cocok digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Step-step Membuat Kaldu secara Sederhana

Kaldu yang mengandung MSG menyebabkan gangguan kesehatan apabila digunakan secara berlebihan. Karena itu,Anda dapat mencoba untuk membuat kaldudengan bahan-bahan dapur yang masih alami tanpa campuran MSG. Untuk cara membuatnya ialah sebagai berikut.

  • Persiapkan bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaldu homemade sangatlah mudah didapatkan. Bahannya yakni daging ayam tanpa tulang dan kulit seberat 300gr, bawang bombay 1 buah, cincang kasar. Setelah itu, siapkan pula bawang putih sebanyak 25 siung, ketumbar 10 biji, wortel yang sudah dipotong-potong seberat 100gr, dan daun batang sebanyak 1 batang, potong-potong. Untuk penutup, siapkan  garam secukupnya. Untuk daging, Anda dapat mengganti daging tersebut dengan daging yang ingin Anda buat kaldunya.

  • Campur dan haluskan bahan

Selanjutnya ialah mencampurkan bahan-bahan yang telah disiapkan menggunakan blender sampai bahan benar-benar halus. Apabila Anda merasa bahwa bahan tidak mudah untuk halus, maka Anda dapat menambahkan hingga 2 sendok minyak ke dalamnya. Pastikan bahwa bahan-bahan sudah halus merata agar rasanya lebih merata.

Setelah tercampur merata, Anda dapat memasak pasta kaldu tersebut dengan menggunakan wajan yang memiliki fitur anti lengket. Masak kaldu tersebut selama 20-30 menit untuk mengurangi kadar air yang terdapat dalam kaldu tersebut. Hasilnya ialah pasta kaldu yang dapat  Anda simpan di dalam freezer.

Kaldu berbentuk pasta ini dapat bertahan hingga 1 bulan  dan lebih lama apabila dimasukkan ke dalam freezer. Selain itu, pemberian garam juga sangat berpengaruh terhadap keawetan pasta kaldu ini. Semakin banyak garam yang Anda gunakan, semakin lama juga Anda dapat menggunakan pasta kaldu ini.

  • Pengeringan pasta kaldu

Apabila Anda menginginkan kaldu bubuk, Anda dapat melanjutkan ke step ini. Kaldu yang telah melewati proses pemasakan diratakan di atas loyang dan dipanggang pada suhu 1500°C selama 30 menit. setelah agak kering, Anda dapat menggunakan blender untuk membuat bubuk kaldu. Panggang sekali lagi hingga benar-benar kering. Step terakhir, Anda tinggal masukkan bubuk kaldu homemade ke dalam wadah yang sudah disediakan.

Seperti itulah cara membuat kaldu sendiri dengan bahan-bahan yang ada di dapur. karena Anda sendiri yang membuatnya, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas yang didapatkan dari kaldu bubuk atau pasta tersebut.

Apabila Anda menginginkan kaldu asli, Anda dapat mencoba menggunakan produk Lemonilo. Produk ini menggunakan  daging asli tanpa pengawet dan menggunakan bahan pilihan sehingga tidak memberikan efek buruk dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selamat mencoba!!