Apa ada praktek mlm halal? Karena selama ini yang sering kita dengar adalah hal-hal negatif dari praktik bisnis ini. Saking lekatnya imej negatif itu sampai sebagian masyarakat langsung merasa alergi begitu mendengar istilah MLM.

Lalu bagaimana dengan yang sudah terlanjur ikut program MLM ini atau malah baru saja berminat turut serta di dalamnya? Sebelum mengambil keputusan memang harus mengetahui dan memahami duduk persoalan sebenarnya. Oleh karena itu, bisa kita uraikan dari beberapa hal dasar tentang MLM ini dan kaitannya dengan sudut pandang halal atau tidaknya.

Apa Sih MLM?

Istilah MLM merupakan kepanjangan dari Multi Level Marketing yang merupakan sebuah penerapan metode bisnis yang jadi terobosan atau alternatif di tengah-tengah lesunya praktik ekonomi secara konvensional. Dari namanya bisa dipahami bahwa praktik bisnis ini menerapkan sistem berjenjang atau tingkatan (level). Ada yang level atas (upline) dan ada level bawah (downline). Model jaringan ini digerakkan secara vertikal dan horizontal, yakni pihak yang paling atas punya peluang besar dari perolehan keuntungan. Sehingga pihak yang di bawahnya mesti meningkatkan level jika ingin mencapai perolehan yang sama atau lebih tinggi.

Metode Praktik MLM

Prinsip paling dasar dari praktik MLM ialah menjaring sebanyak-banyaknya anggota yang sekaligus menjadi konsumen. Nah, ada enam detil yang dibangun dalam menerapkan praktik bisnis ini meliputi:

  1. Tawaran menjadi anggota dengan syarat kewajiban membeli paket produk berharga tertentu. Anda tentu paham bahwa yang dimaksud sebagai “harga tertentu” ini bukan harga yang normal atau wajar. Biasanya lebih mahal, atau bisa jadi diklaim lebih murah meskipun itu hanyalah kemasan bahasa promosi.

  2. Saat sudah membeli produk yang ditawarkan tadi, pembeli mendapatkan formulir keanggotaan dan diwajibkan mengisinya. Ya, mau bagaimana lagi, sudah mengeluarkan uang untuk membeli produk pasti akan rugi jika tidak mengisi formulir tersebut dan ikut menjadi anggota.

  3. Tugas anggota tidak berhenti dari membeli produk dan mengisi formulir tadi. Ia mesti mencari dan merekrut orang lain supaya menjadi anggota demi menjadi downline dan mendapatkan peluang untung yang lebih tinggi.

  4. Anggota baru yang sudah direkrut tadi juga punya tugas yang sama yaitu mencari anggota lain setelah mendaftar dan membeli produk, begitu seterusnya.

  5. Semakin banyak jumlah anggota baru yang direkrut, bonus dari perusahaan semakin besar. Dengan kata lain, sebenarnya yang dicari adalah konsumen dari produk tersebut karena membelinya dan mereka juga bisa menjadi konsumen aktif manakala rutin membeli produk karena merasa cocok atau bisa juga karena tak ada pilihan lain karena terlanjur berlangganan produk tersebut.

Setelah membaca informasi tersebut diatas, jika Anda ingin bergabung dengan MLM Qnet Indonesia, maka ada 2 grup besar yang terpercaya yaitu Qnet Ora Umum dan Amoeba Internasional. dengan bergabung ke salah satu grup ini, maka kemungkinan Anda sukses lebih besar. Namun ada kalanya bergabung dengan grup kecil juga menguntungkan, karena para upline dan leader akan mempunyai waktu yang lebih untuk membimbing dan fokus mengajarkan Anda bisnis nya. Silakan pilih sendiri, SALAM SUKSES!