Rayap adalah sejenis serangga yang berukuran kecil dan tinggal di dalam tanah. Mereka hidup secara berkoloni dengan ratu rayap sebagai pemimpinnya. Mereka tergolong sebagai hewan purba yang telah ada sejak ratusan ribu yang lalu. Dalam koloninya rayap memiliki tiga kasta, kasta pekerja, kasta prajurit dan kasta reproduksi.

Jika anda membutuhkan layanan jasa anti rayap, anda bisa bekerjasama dengan PT Fumida. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini saya jelaskan mengenai peran dan jenis-jenis rayap yang ada di sekitar kita.

Jenis-jenis rayap menurut kasta serta tugasnya

  1. Ratu

Ratu adalah kasta tertinggi di kerajaan rayap. Ratu rayap bertugas untuk memproduksi telur dan membuat koloni rayap baru. Ia dapat hidup lebih dari 20 tahun dan akan terus bereproduksi. Sepanjang hidupunya ia tak pernah keluar dari sarang. Tubuhnya berbentuk mirip ulat sebesar jari telunjuk manusia. Sang ratu juga berperan untuk menentukan siapa yang akan dijadikan sebagai rayap prajurit, rayap pekerja  ataupun calon raja atau ratu lewat frekuensi suara yang dikirmkan ke nimfa.

  1. Raja

Raja berperan untuk menemani sang ratu disepanjang hidunya. Ukurannya lebih kecil dibandingkan ratu. Dalam setiap kolonim rayap hanya akan satu raja dan juga satu ratu.

  1. Nimfa

Nimfa adalah rayap kecil yang akan direkrut menjadi rayap pekerja. Setelah dewasa, Jenis rayap yang satu ini akan bertahan hidup selama dua tahun. Sepanjang hidupnya mereka hanya akan mencarin makan untuk koloninya dan sang ratu.

  1. Rayap prajurtit

Rayap jenis ini berfungsi untuk melindungi koloni dari serangan musuh. Ia memiliki senjata di atas kepalnya yang mampu menembakkan cairan lengket dari jarak jauh. Rayap prajurit tidak seseram yang kita bayangkan, ia justru terlihat lucu karena ada tonjolan panjang di atas kepalanya. Mereka memilki radar yang mampu mendeteksi serangan musuh, jika musuh datang maka mereka akan segeran berpencar dan melakukan perperangan.

  1. Laron

Jenis rayap yang satu ini berfungsi untuk mencari pasangan dan membuat koloni baru. Saat musim kawin tiba Laron akan keluar dari sarangnya dan mencari pasangan kawin. Jika sudah menemukan pasangan keduanya akan mencari tempat untuk membuat koloni lain di tempat yang berbeda.