Apabila ada umat muslim yang meninggal dunia maka seharusnya bagi orang-orang di sekitarnya untuk merawat jenazah dalam hal memandikan, mengkafani, mensholati, dan menguburkan jenazah. Dalam beberapa kasus, pihak ahlul mayit lebih memilih mengurus jenazah di rumahnya sendiri ketimbang di rumah sakit. Sehingga, banyak rukun warga atau desa yang telah menyiapkan sendiri sarana seperti tenda pemandian jenazah dan juga keranda mayat.

Karakteristik Kemah

Kemah pemandian ini diterapkan untuk menjaga aurat dan privasi jenazah, serta mencegah orang lain yang tidak berkepentingan mengamati cara kerja pemandian. Sebab sifatnya yang diterapkan di luar ruangan atau rumah, maka kemah ini juga memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari kemah lainnya. Adapun spesifikasi pembeda yang ada dalam kemah pemandian jenazah ialah sebagai berikut.
1. Bahan yang kuat dan awet
Kemah pemandian yang bagus ialah kemah yang memiliki tiang-tiang penyangga yang kuat sehingga tidak runtuh dikala diterapkan. Untuk itu pilihlah kemah yang terbuat dari bahan baja stainless. Kecuali terbuat dari bahan ringan yang kuat, baja stainless juga bendung terhadap korosi yang menjadikannya lebih awet padahal disimpan pada ruang yang lembab.
2. Dapat dibongkar pasang
Ukuran kemah sekitar dua meteran dan telah disesuaikan dengan keperluan pemandian jenazah. Dan sebab seharusnya disimpan setelah selesai diterapkan, maka kemah ini bersifat knock down (bongkar pasang). Masing-masing tiang dilengkapi dengan pipa baja dan slot pipa yang berfungsi sebagai pengunci antar tiang agar lebih kokoh. Pada kemah juga dilengkapi pipa untuk frame yang berfungsi sebagai daerah menghubungkan kain pelindung kemah.
3. Dilengkapi kain pelindung kemah
Untuk mendukung fungsinya dalam menjaga privasi cara kerja pemandian jenazah, maka kemah ini dilengkapi dengan kain pelindung yang dikaitkan pada frame depan belakang dan samping kiri kanan. Kain pelindung kemah terbuat dari bahan taslan atau anti air sehingga gampang dibersihkan dan tidak gampang dekil. Untuk melindungi bagian atas dari panas atau hujan maka pada bagian atap ditambahkan terpal sebagai penutupnya.
4. Tempat pemandian jenazah
Sesungguhnya untuk daerah pemandian jenazah ialah produk tersendiri dan bergantung dari orang yang bersangkutan. Ada yang menggunakan meja kayu atau cuma dengan batang pisang yang dibentuk. Melainkan agar lebih praktis, bersih dan suci maka alangkah bagusnya kalau membeli kemah pemandian lengkap dengan daerah pemandiannya. Bak pemandian ini terbuat dari baja stainless sehingga lebih kuat dan dilengkapi dengan saluran pembuangan air.
5. Bantalan jenazah
Sama halnya dengan bak pemandian, bantalan jenazah ini biasanya juga ialah produk tersendiri melainkan satu paket dengan daerah pemandian jenazah. Lazimnya terdiri dari 5 buah bantal yang dibentuk di atas bak mandi jenazah. Bantalan jenazah diterapkan untuk menahan tubuh mayat dikala dimandikan di bak pemandian agar tidak karam dan terkena air yang dekil.

Hal-Hal yang Harus Dilihat Saat Membeli Kemah Pemandian Jenazah

Perlu diperhatikan beberapa hal dikala ingin membeli kemah jenazah, terutamanya banyak dari para supplier yang menjual produk lapaknya secara online. Salah mengambil langkah dapat menimbulkan pengaruh yang luar biasa, malahan dapat berpengaruh bagi si jenazah secara tidak langsung. Berikut hal-hal yang seharusnya Anda ketahui sebelum membeli kemah pemandian untuk merawat jenazah orang yang meninggal di desa atau lingkungan Anda.
1. Kisaran Harga Kemah
Untuk kisaran harga kemah pemandian jenazah termasuk kain dan terpal penutup ialah sekitar Rp. 3,0-3,5 juta. Melainkan beberapa supplier biasanya memberikan tawaran paket lengkap, ialah mencakup keranda dan kain penutupnya, meja pemandian, bantalan, bak, dan juga selang pembuangan air, serta kemah pemandian lengkap dengan kain penutupnya. Yang mana lebih hemat dengan kisaran harga Rp. 10 jutaan.
2. Supplier Kemah
Carilah supplier kemah terpercaya, yang kapabel menangani serah jual beli berdasarkan syariah. Hindari membeli keperluan merawat jenazah pada lapak yang pembayarannya dikerjakan secara angsuran, sebab dapat jadi akan menimbulkan hutang bagi si jenazah. Tentunya Anda tidak mengharapkan hal yang demikian bukan? Apabila perlu lihatlah ulasan dari beberapa costumernya untuk mengamati bagaimana metode pelayanan supplier kemah hal yang demikian.
3. Lokasi
Pilihlah supplier kemah yang dekat dengan lokasi Anda agar lebih menghemat waktu dan biaya transportasi. Melainkan, kalau tidak ada maka pastikan transaksi yang dikerjakan dapat dipercaya. Pastikan dengan menanyakan siapa kurir yang akan menemani kemah beserta nomor teleponnya. Pastikan juga Anda memberikan alamat lokasi dengan benar. Lakukan pembayaran cuma setelah barang sampai di daerah agar uang Anda juga lebih aman.
4. Ulasan contoh kemah
Beberapa kemah pemandian untuk jenazah biasanya memiliki contoh dan ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu sebelum menyetujui transaksi dan sebelum kurir mengantarkan barangnya, maka pastikan dengan benar produk yang Anda beli. Jadilah pembeli yang terampil dengan bertanya agar tidak terjadi kekeliruan setelah barang sampai. Apabila perlu lakukan ulasan dari beberapa lapak online untuk menetapkan pilihan yang terbaik.